Donderdag 07 Maart 2013

Bagaimana kandang kenari yang tepat?

1. Untuk kaki bagian bawah, sebaiknya bukan roda, tetapi langsung besi/kayu dengan cara pemindahan diangkat. Dengan kaki roda, akan membuat repot dalam mengantisipasi agar kandang tidak dirambah semut. Dengan kaki langsung besi/kayu, maka kita tinggal meletakkan krobokan plastik (wadah minum burung yg terbuat dari plastik jg bisa) untuk diletakkan di masing2 kaki kandang dan diisi minyak tanah. Kalau kaki dg roda maka untuk menghindari serangan semut dilakukan dengan meletakkan/menggoreskan kapur ajaib/antisemut di roda tersebut atau di sekitarnya. Namun cara ini sangat rawan karena daya usir kapur mudah luntur, dan kalau kita lupa hanya satu-dua jam saja, ribuan semut biasanya sudah menyerang sarang kenari.

2. Perlu sekat tertutup (tidak transparan) di antara kandang satu dg lainnya, agar masing2 pasangan tidak terganggu/saling ganggu.
3. Secara umum, sejumlah sangkar yang menggabung seperti itu, menyulitkan penanganan penangkaran kenari. Sebab, dalam prakteknya, ada pasangan yang membutuhkan masa jemur lama (pasangan baru atau pasangan yang anakannya baru saja diangkat), ada pasangan/indukan betina yang perlu jemur tetapi sebentar (indukan betina yang sedang meloloh anakan), ada yang tidak memerlukan jemur selama 14-15 hari tetapi sekadar sirkulasi udara yang bagus dengan kelembaban cukup (indukan sedang ngeram). Dengan kandang yang menyatu seperti itu, menurut pengalaman selama ini, sulit/merepotkan penanganannya dan pada akhirnya kandang tersebut harus diisi sejumlah pasangan dengan masa reproduksi yang bersamaan (pasangan baru semua/ ngeram semua/ ngloloh semua dsb). Padahal dalam prakteknya, seandainya kita punya 9 indukan betina dengan jantan 9 ataupun 3 ekor (jika 1 jantan dikawin dg 3 betina), maka yang masa reproduksinya bersamaan hanya dua atau tiga pasangan). Itulah mengapa saya menyebutkan kandang yang menyatu seperti itu merepotkan. Hal ini terbukti dari pengalaman saya yang mempunyai kandang seperti itu, yang pada akhirnya tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal.
Selain itu, kandang yang menyatu memerlukan tenaga gotong royong untuk mengangkat/memindahkannya. Jika didorong, akan menimbulkan efek getar (apalagi kalau lantai tidak rata) yang mengganggu ketenangan kenari. Menurut saya, kandang penangkaran kenari yang paling efisien, murah dan memudahkan penanganan adalah sangkar gantung. Mudah dalam menjaga kebersihannya, penjemuran, serta lebih fleksibel untuk diangkat/dipindah ke tempat yang relatif sempit.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking